SistemInformasiPHP.net

Kumpulan Sistem Informasi PHP, Tips & Trik HTML, CSS3, Javascript, HTML5, MYSQL, dan Informasi Programming Lainnya

Membuat Sistem Informasi Yang Efektif

0 komentar

Selamat datang di sisteminformasiphp.com. Pada kesempatan kali ini saya akan share beberapa poin penting yang dapat membuat sistem informasi berbasis website menjadi efektif. Mungkin yang saya share ini tidak mencakup secara keseluruhan. Namun paling tidak ini dapat menjadi acuan teman teman dalam membuat sistem informasi.

1. Perencanaan.

Langkah pertama yang paling enting dalam membuat sistem informasi adalah perencanaan yakni membuat segala rencana yang berkaitan dengan proyek sistem informasi. Dalam membuat perencanaan harus lah ditentukan keperluan keperluan apa saja yang dibutuhkan dalam membangun sistem informasi mulai dari tema sistem, peruntukan sistem, struktur sistem, rancangan desain sistem, calon pengguna sistem, bahkan sampai budget pun tidak ketinggalan untuk direncanakan.

2. Analisis.

Langkah kedua untuk membuat sistem informasi yang efektif adalah analisis. Analisis dilakukan setelah perencanaan selesai. Analisis disini adalah berupa workflow atau alur kerja sistem.

3. Desain.

Pada proses desain, terdapat dua proses, yaitu desai proses bisnis, dan juga desain pemrograman. Desain proses bisnis pada sistem informasi merupakan pedoman yang nantinya dapat digunakan oleh programmer dalam proses desain pemrograman. Adapun desain pemrograman dibagi menjadi beberapa bagian. Antara lain sebagai berikut :
a. Desain database.
b. Desain Layout / Screen Layout.
c. Desain diagram proses.
d. Desain laporan.

4. Pengembangan.

Pada tahap pengembangan, proses yang dilakukan adalah programming (pemrograman). Pemrograman dilakukan oleh orang yang disebut sebagai programmer. Programmer bertugas untuk mengerjakan atau melaksanakan rancangan sistem informasi yang telah dilakukan pada proses desain sebelumnya.

5. Testing.

Hal yang sangat penting dalam proses pembuatan sistem informasi adalah proses testing. Untuk menguji kualitas mutu sistem informasi harus dilakukan pengujian atau testing. Agar diketahui hal-hal yang dapat mengganggu sistem ataupun hal-hal tambahan yang perlu dilakukan untuk sistem informasi tersebut. Dalam proses testing juga akan diperoleh informasi layak atau tidak nya sebuah sistem informasi digunakan.

6. Implementasi.

Setelah melakukan testing secara menyeluruh terhadap sistem informasi yang dibuat, barulah dilakukan implementasi atau penerapan sistem pada tempat dibuatnya sistem informasi itu. Pada tahap ini lah sistem informasi sudah bisa digunakan oleh user.

7. Pengoperasian dan Pemeliharaan.

Langkah yang terakhir adalah pengoperasian dan pemeliharaan untuk sistem informasi diantaranya berupa System Maintenance, Backup & Recovery, dan Data Archive

Sumber : amahrizal.wordpress.com

Share this article :

Posting Komentar

Dilarang berkomentar dengan menggunakan kata-kata kotor, tidak senonoh, & mengandung unsur pornografi. Komentar yang tidak mematuhi etika akan diblok & dihapus. Terimakasih

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sistem Informasi PHP | Koleksi Source Code | Tutorial PHP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger